Wisata Edukasi

No Comments
Wisata edukasi sering menjadi bagian dari rencana kegiatan sekolah setiap tahunnya. Kegiatan wisata edukasi atau field trip atau kunjungan lapangan atau dharma wisata hampir setiap tahun dilakukan. Wisata edukasi memiliki peran penting dalam membantu pemahaman dan menambah wawasan siswa karena kegiatan wisata edukasi atau field trip biasanya berhubungan dengan materi yang diberikan pada saat proses belajar mengajar di sekolah.

Wisata edukasi merupakan kegiatan wisata yang bermuatan edukatif, dengan melakukan perjalanan wisata yang memberi muatan edukatif atau memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan wisata edukasi merupakan kegiatan wisata dan kegiatan edukasi. 
wisata edukasi kura kura raksasa godongijo

Karena dilakukan hampir setiap tahun sebaiknya dibuat perencanaan yang baik untuk kegiatan wisata edukasi yang akan dilaksanakan. Merencanakan wisata edukasi penting dilakukan jauh sebelum pelaksanaannya agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai.

Biasanya kegiatan wisata edukasi menjadi salah satu kegiatan favorit bagi para siswa karena seluruh rangkaian kegiatan wisata edukasi dilakukan di luar ruang kelas, di luar lingkungan sekolah dengan cara yang menyenangkan. Siswa akan belajar di ruang terbuka, museum, kebun binatang atau tempat-tempat lainnya yang menyenangkan.

Bila mengunjungi pusat penelitian maka para peserta kegiatan wisata edukasi akan dapat melihat bagaimana sebuah laboratorium dan alat laboratorium yang ada di laboratorium tersebut. Bila berkunjung ke sebuah kantor penerbitan koran atau yang berisi berita terbaru hukum dan politik Indonesia tentunya peserta akan dapat melihat bagaimana proses pembuatan koran atau majalah tersebut.

Terlihat jelas bagaimana pentingnya kegiatan wisata edukasi sebagai salah satu kegiatan yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi para peserta.

back to top